Dalam dunia komputerisasi khususnya untuk perancangan suatu sistem, tentunya kita membutuhkan suatu kode atau instruksi yang bisa kita gunakan untuk membuat atau merancangnya. Dan atas kebutuhan itu, lahirlah yang namanya bahasa pemrograman. Suatu bahasa atau script dengan aturan penulisan dan logika tertentu yang digunakan untuk membangun sesuatu dalam basis komputerisasi untuk digunakan dan difungsikan sebagaimana mestinya. Nah, dalam perkembangan bahasa pemrograman sendiri, tentunya kita akan mendapatkan banyak sekali bahasa bahasa dengan aneka aturan yang dimilikinya, baik yang tingkat rendah, tingkah menengah hingga tingkat tinggi. Nah, dalam bahasan kali ini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman Java. Bahasa ini dikembangkan dengan orientasi object dan sangat banyak peminatnya saat ini. disini kita akan mempelajari mengenai unsur penting yang harus dipahami dalam pengenalan bahasa pemrograman JAVA ini. lalu, bagaimana bahasannya ? langsung saja simak dibawah ini.
Sponsor: bikin website murah
public class contoh{
public static void main(String []args){
//kode program untuk menulis tulisan contoh
/* ini adalah contoh komen
yang ada
di java */
String abcdef = “ini adalah contoh”;
System.out.println();
}
}
Keyword
Merupakan kata kata yang dikenal oleh bahasa Java dan memang sudah ditanamkan dalam kamus yang dia mengerti dan ini digunakan untuk fungsi fungsi tertentu. Contohnya adalah public, static, void, main, class, println dan lain sebagainnya. Tentunya kata kata ini tidak bisa digunakan untuk membuat nama indentifier, nama variable dan lain sebagainnya sebab mengandung suatu arti yang sifatnya mutlak diketahui oleh JAVA.
Identifier
Adalah sesuatu yang bisa kita anggap sebagai nama atau sebutan dari suatu bagian kode yang dituliskan dengan fungsi tertentu. Dalam contoh diatas saya menggunakannya untuk memberi nama variable yaitu abcdef. Sebenarnya, ada aturan tersendiri untuk menuliskan identifier ini, untuk menuliskan identifier, harus diawali dengan hufur atau tanda dolla maupun underscore dan tidak dapat menggunakan keyword seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Punctuation
Adalah tanda tanda tertentu yang digunakan atau dituliskan pada suatu bagian codingan tertentu yang dituliskan berdasarkan aturan dan fungsinya. Contohnya untuk memberikan suatu tanda bagian program seperti {} atau yang lainnya.
Literal
Adalah sesuatu ataupun tulisan yang tulisan dan tampilannya yang seperti itu itu saja. Contohnya adalah seperti program diatas adalah program sederhana yang digunakan untuk menuliskan tulisan ini adalah contoh dalam tanda petik dua. Nah, tulisan itu akan dihasilkan seperti itu juga ketika program dijalankan atau di running.
Comment
Merupakan suatu komentar ataupun hal yang digunakan sebagai penanda dalam suatu program yang dibuat. Contohnya dalam satu program, tentunya terdiri dari ratusan bahkan ribuan baris, method, variable, fungsi dan sebagainnya. Nah tentunya kita tidak akan mampu mengingat semua itu jika tidak menandakannya bukan ? bah, komen inilah yang bisa kita jadikan alternatif untuk menandai semuanya itu. Cara penulisannya diawali dengan tanda // atau bisa juga dengan /* */ untuk versi panjang atau lebih daris atau barisnya.