Dalam bahasan kali ini kita akan membahas mengenai persaingan yang ada di dalam SEO yaitu persaingan kata kunci. Sebelumnya, kata kunci adalah kata kata yang digunakan baik oleh user atau para blogger dan search engine untuk mendeskripsikan keseluruhan informasi atau mencari informasi tersebut. Dan keyword ini merupakan hal penting yang tidak akan pernah terpisah dari penerapan SEO di dalam aktivitas blogging kita sehari hari. Nah, di dalam artikel ini, kita akan megnetahui, bagaimana persaingan kata kunci itu terjadi, dimana letak persaingannya dan apa sebabnya jika kita memenangi persaingan kata kunci ini dan apa akibatnya kalau kita kalah dalam persaingan kata kunci ini. langsung saja kita masuk ke dalam bahasannya.
Sponsor: erp software
Pertama tama, keyword digunakan oleh user untuk mencari informasi dengan menggunakan mesin pencari dan mengetikannya di kolom pencarian mesin pencari itu. Contohnya seseorang ingin mengetahui proses pembuatan mobil, maka dia akan mengetikan proses pembuatan mobil di kolom pencarian nah, itulah kata kunci. Selanjutnya, mesin pencari akan bekerja menjelajahi konten konten dan mencari informasi sesuai dengan kata kunci yang ada dan menampilkannya, jadi, informasi yang akan dicari dan akan dimunculkan, dia telusuri berdasarkan kata kunci yang diminta oleh si usernya. Nah, website atau blog yang memiliki tulisan atau konten dengan kesamaan kata kata penyusun kata kunci tadi, maka akan berpeluang muncul, sebab sudah pasti akan ada banyak blog atau website yang memuatnya. Artinya tidak hanya dimuat di satu laman website atau blog saja, tetapi ada puluhan bahkan ratusan bahkan ribuan yang memuatnya. Persyaratan agar konten atau suatu postingan bisa muncul di dalam laman hasil pencarian mesin pencari adalah salah satunya memiliki tulisan atau konten yang memuat kata kuncinya dan yang kedua diprioritaskan dan diketahui oleh si mesin pencari.
Letak persaingan dari persaingan keyword ini terletak di laman hasil pencarian mesin pencari atau SERP. Persaingannya adalah menempati posisi terdepan dan teratas di laman hasil pencarian mesin pencari itu. Sebab ada satu kebiasaan user yang mencari informasi akan mengklik setiap tautan atau link yang tampil di laman pertama dan sangat jarang ada orang atau user yang mau menelusuri hingga laman berikutnya dan berkutnya. Artinya posisi paling ideal adalah di halaman pertama dan di posisi teratas.
Lalu, mengapa ada persaingan kata kunci ? jawabannya sederhana sebab mesin pencari saat ini sudah cerdas dan diprogram untuk melayanan kebutuhan pencarian informasi si usernya berdasarkan akta kunci. Dan dia akan bekerja dengan mengupayakan kualitas pelayanannya dan akan terus berusaha menyediakan konten atau informasi dari website website atau blog blog yang populer, terpercaya dan bagus. Jadi si mesin ini juga harus mengidentifikasi dan memprioritaskan mana website dan blog yang layak untuk ditampilkan dan website dan blog mana yang memiliki popularitas dan kualtias paling bagus. Maka dia akan ditempatkan di posisi terbaik di laman hasil pencariannya.
Alasan yang kedua mengapa ada persaingan kata kunci adalah karena adanya kesamaan akta kunci atau kata kata penyusun kata kunci di banyak website dan blog. Artinya kata kunci itu tidak hanya dimuat di satu laman website atau blog, tetapi ada puluhan ratusan atau ribuan website berbeda yang memuat kata kunci yang sama, maka sudah pasti akan ada persaingan. Sama saja ibarat bisnis katakanlah produknya jasa pembuatan website, maka diluar sana ada banyak jasa pembuatan website dan mereka akan saling berlomba satu dengan lainnya untuk menggaet pelanggan sebanyak banyaknya.
Lalu, apa akibatnya jika kita menang persaingan kata kunci ? jawabannya sederhana, website atau blog kita akan dipandang baik dan diprioritaskan untuk tampil di laman pertama di posisi teratas hasil pencarian mesin pencari. Sebaliknya jika kalah, maka posisinya akan jauh dari posisi ideal dalam laman hasil pencarian mesin pencari.