Artikel atau konten, adalah nyawa dari semua blog dan website. Tanpa keberadaan konten, maka web dan blog tersebut kosong dan tidak akan menghasilkan suatu trafik. Tentunya, bagi kita para blogger, mendambakan lalu lintas yang tinggi dan terus naik bukan ? nah untuk mewujudkan itu, kita harus membuat konten di website kita. Konten itu bisa berupa gambar, multimedia dan juga artikel. Akan tetapi yang mau kita bahas disini adalah artikel. Dengan keberadaan artikel, website kita berpeluang mendapat trafik.
Namun untuk bisa mendapatkan trafik, konten itu harus terindeks terlebih dahulu. Pasalnya, mesin pencarilah yang membuat rujukan menuju website atau artikel kita. Tanpa terindeks, maka artikel itu sia – sia. Nah, hal inilah yang masih jarang diperhatikan para blogger khususnya para pemula. Oleh karena itu, disini akan dibahas bagaimana atau apa criteria artikel yang cepat terindeks.
- Keyword. Inilah item yang paling penting. Setelah anda menulis arikel yang berkualitas, anda harus menentukan keywordnya. Adapun keyword, adalah rangakian kata kata yang berpeluang dicari orang ketika mencari informasi yang relevan dengannya. Anda bisa menentukan akta kunci sebelum atau sesudah artikel dibuat. Adapaun hal hal yang harus diperhatikan dalam menentukan kata kunci adalah, relevansi dengan isi artikel, besaran peluang untuk ditelusuri, tata kata, dan lainnya. Dan tanpa adanya akta kunci, maka artikel akan sangat susah terindeks.
- Penempatan Keyword. Keyword harus bisa disisipkan di bagian Title, sub title, awal paragraph pertama. Hal inilah yang akan menekankan pada setiap mesin pencari yang mencoba menelusuri, apa topic dan bahasan yang anda bahas dalam artikel tersebut. Dengan begitu, artikel anda akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari.
- Gambar dan Video. Jika anda menggunakan gambar atau video untuk lebih membuat menarik dan memperjelas bahasan, maka anda harus menempatkan kata kunci di bagian title atau juga di deskripsi dari gambar atau multimedia tersebut. Inilah hal yang diabaikan oleh sebagian besar blogger. Padahal dengan keberadaan kata kunci ini, maka dapa membantu artikel bisa cepat terindeks dengan baik.
- Format H1, H2, H3. Mesin pencari sangat menyukai artikel yang memiliki kejelasan dalam jenis paragraph di dalamnya. Dengan begitu, mesin pencari bisa cepat mengindeks artikel karena jelas, mana yang menjadi judul, subjudul, dan tulisan biasa serta item lainnya.
- Permalink. Link adalah kalimat atau rangkaian kata kata yang merujuk ke artikel atau postingan. Umumnya, link url dari web secara default seperti ini, contoh xxxxxxxx.com/12052016/. Hal ini akan sangat buruk, karena tidak ada yang bisa membaca selain bot. nah oleh karena itu anda bisa mengkonfigurasinya menjadi url yang dapat dibaca dan mengandung kata kunci, misalkan xxxxxxxx.com/cara-menulis-artikel/ lebih mudah dibaca bukan ?
- Webmaster Tools. Yang satu ini tidak ada hubungannya dengan criteria artikel yang cepat terindeks, tetapi ini kami bagikan untuk membantu anda. Yang satu ini merupakan cara manual untuk bisa membuat artikel cepat terindeks. Caranya adalah mengkoneksikan web atau blog anda ke webmaster tool milik bing dan google, setelah itu anda lakukan submit url atas artikel website yang anda posting, untuk memberitahu pada mesin pencari mengenai keberadaan artikel tersebut.
Sponsor : aplikasi mobile