Kali ini kita akan berbincang seputar pasar online atau pasar yang ada di dunia maya tempat segala jenis bisnis terkumpul tanpa dapat dilihat fisiknya. Kendati bahasan tentang pasar online ini akan panjang, tetapi kita akan membahas sedikit saja. Nah, pasar online atau internet digunakan oleh para pebisnis untuk menjual atau memasarkan produknya di dunia maya untuk selanjutnya dilihat banyak orang dan mereka yang tertarik bisa membeli. Nah satu tool atau alat yang digunakan di dunia maya untuk mencari atau menelusuri setiap jengkal dunia maya beserta isinya adalah mesin pencari. Mesin pencari ini akan menampilkan suatu hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu dengan urutan dan ketentuan yang dimilikinya. Dia akan menampilkan suatu laman hasil pencarian yang berisi tautan dan link menuju suatu lama website untuk diakses para user yang menggunakannya. Dan posisi terdepan dan teratas dari laman hasil pencarian inilah yang bisa menguasai pasar dunia online ini. untuk mendapatkannya ada dua cara yang bagus yaitu dengan SEO dan dengan Periklanan seperti google adwords, tetapi mana yang lebih baik ?
Sponsor: buat website murah
SEO
SEO adalah cara yang paling banyak digunakan sebab gratis dan memang bebas. Nah, SEO ini dapat sangat menguntungkan ketika kita memang berhasil meng SEO kan website toko online atau website bisnis kita untuk muncul di posisi teratas laman hasil pencarian mesin pencari. Nah, ketika kita sukses, maka website toko oniine kita akan terus berada di posisi teratas dan terdepan itu dan bisa menguasai pasar dan akan sulit diganggun oleh website toko online atau website bisnis milik orang lain. Jadi penguasaan pasar dari keberhasilan SEO ini akan sangat baik dan sangat menggembirakan. Tetapi prosesnya bgitu panajng, rumit dan lama, bahkan berubah ubah mengikuti teknologi program mesin pencari. Namun ketika sudah berhasil maka akan sangat menguntungkan. Dan setiap progres yang terjadi juga akan terus membuat peningkatan pada website.
Periklanan
Yang kedua adalah periklanan di dunia maya, cara ini digunakan oleh website besat seperti lazada, tokopedia, mataharimall dan sebagainnya. Dengan layanan periklanan, website kita bisa lekas atau segera naik ke posisi teratas dari suatu pencarian berdasarkan kata kunci tertentu di laman hasil pencarian mesin pencari. Jika sudah begini, maka peluang akses dari penjualan akan meningkat. Selain itu prosesnya yang cepat sangat cocok bagi bisnis yang memang membutuhkan tindakan yang cepat dan hasil yang juga cepat. Dan dengan periklanan dunia maya ini penguasaan pasarnya tidak hanya ada di laman terdepan dan posisi teratas di SERP saja seperti dengan google adwords, tetapi bisa juga yang lainnya. Contohnya dengan PPC atau adsense, iklan atau banner promosi kita bisa mencul di setiap website yang ramai dikunjungi orang yang menjadi publisher iklan google. Iklan banner ini akan ada dimana saja yang banyak pengunjungnya dan tentunya ini akan menjamin banyak orang yang melihat dan mengetahui keberadaan website bisnis kita. Tetapi periklanan ini memiliki manfaat yang juga cepat habis dan sifatnya memang sementara. Ketika anggaran untuk iklan habis atau masanya habis, maka website kita tidak akan muncul di posisi teratas lagi dan banner banner iklan kita di website website orang yang menjadi publisher juga tidak akan terlihat lagi, berbeda dengan SEO tadi. Selain itu membutuhkan anggaran atau biaya juga.
Jadi, mana yang anda anggap terbaik ? SEO atau periklanan ?