Dengan menyalip total dan juga nutrifood pada posisi kedua dan ketiga, Tokopedia selaku platform yang condern di bidang e-commerce menempati posisi teratas yang ada pada pada budaya perusahaan terbaik saat ini.
Selain itu pula, jobplanet telah menobatkan Tokopedia ini sebagai startup yang paling diminati oleh para pencari kerja. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pelamar kerja, yang telah mencapai 24.000 orang tiap bulannya.
Sungguh menjadi sebuah prestasi yang sangat luar biasa untuk dapat menjadi sebuah marketplace yang telah sukses semenjak didirikan pada tahun 2009 yang lalu.
William Tanuwijaya, selaku CEO Tokopedia telah membongkar sebuah rahasia, mengenai bagaimana cara untuk memenejemeni karyawannya. Ia telah mengungkapkan bahwa visi dan misi perusahaan tersebut menjadi sebuah tujuan, nilai ataupun DNA dari perusahaan sebagai penunjuk arah, kebudayaan sebagai peta kerja. Sistem kerja itulah yang ditekankan kepada para karyawannya di Tokopedia.
Strategi tersebut terbukti telah berhasil diterapkan. Di awalnya jumlah karyawan tokopedia hanya sejumlah 80 orang lalu meningkat menjadi kurang lebih sekitar 400 orang di akhir tahun 2015. Walau kuantitas tim berkembang dengan pesatnya, namun di setiap mereka mampu untuk melakukan kerja secara independen.
Tokopedia menrapkan tiga prinsip nilai ataupun DNA yang ditekankannya. Ketiga prinsip tersebut yaitu growth mindset, make it happen & make it better, dan focus on consumer, kata pria yang berasal dari tanah pametang siantar 34 tahun yang lalu.
Ia pun juga menekankan bahwa ketulusan di dalam berbagi hal harus selalu dimiliki oleh seorang pemimpin seperti layaknya seperti seorang guru maupun karyawan yang memiliki tekad untuk selalu mau belajar seperti seorang murid. Saling menguntungkan dam membawa manfaat bagi sekitarnya hingga berdampak yang baik merupakan kunci sukses dari seorang pengusaha. Tak lupa perasaan untuk selalu bersikap rendah hati tidak sombong menghormati orang lain.
Membangun sebuah usaha tak bisa dilakukan tanpa bantuan dan kontribusi karyawan di dalamnya. Melakukan sinergi antar lini karyawan dengan atasan menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan. Jika skat-skat pembatas antar karyawan tersebut berhasil diminimalisirkan maka semangat untuk selalu melakukan perubahan akan dapat dengan mudahnya dilakukan.
Dalam keterangannya tertulis, bahwa wiliam mengatakan “Nakama (sebutan bagi para karyawan Tokopedia) merupakan unsur knowledge worker dimana mereka ini memiliki sebuah dorongan untuk melakukan penemuan yang bertujuan untuk memajukan perusahaan. Dan juga, hanya dengan memberikan sebuah kesempatan serta kepercayaan inilah, tokopedia mampu untuk melakukan pengembangan kualitas Sumber ddaya manusia (SDM) yang lebih baik kedepannya.
Itulah bebrapa rahasia sukses marketplace yang langsung di beberkan oleh CEO dari TOKOPEDIA. Semoga dapa menjadi inspirasi bagi anda semua.
Sponsor Artikel “jasa pembuatan aplikasi mobile“