Pihak GoLife PHK Karyawan dan layanan GoFood Festival ditutup akibat pandemi COVID-19. Tentu sangat menyedihkan melihat satu perusahaan anak bangsa ini harus melepas sebagian karyawan nya karena kondisi ekonomi yang tak menentu dimasa pandemi ini.
Selain melakukan PHK, gojek juga melakukan pemutusan dan penghentian sejumlah layanan lain diluar layanan inti mereka seperti GoLife dan GoFood Festival. Salah satu produk mereka GoLife dengan produk Go Massage dan Go Clean harus dihentikan, selain karena minimnya peminat konsumen pada layanan ini, penutupan ini juga dikarenakan karena layanan ini yang berhubungan langsung dengan kontak fisik konsumen dan mengalami penurunan permintaan secara drastis dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan pandemi.
GoLife sendiri akan mulai ditutup per 27 Juli 2020 ini. “Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi atas situasi makro-ekonomi dan perubahan perilaku masyarakat yang menjadi lebih waspada terhadap aktifitas yang melibatkan kontak fisik ataupun kegiatan yang tidak memungkinkan untuk berjaga jarak,” kata tim Gojek yang didapat dari Kompas.com.
Pemutusan hubungan kerja (PHK) ini juga sebagian besar dari 430 karyawan yang terkena PHK adalah mereka yang memang berasal dari divisi terkait GoLife atau GoFood Festival. Total PHK dari keseluruhan karyawan Gojek ini adalah 9%. Gojek hingga saat ini berusaha memfokuskan bisnis mereka kepada sumber daya manusia yang mereka miliki, terlebih bidang yang memang selalu mengalami perkembangan yang menjanjikan meski ditengah wabah ini.
Layanan yang naik selama wabah ini adalah layanan jasa antar barang (logistik) dan juga pembelanjaan barang kebutuhan (grocery) yang tumbuh 2x lipat selama masa ini.
Demi mendukung dan membantu mitra GoLife yang terkena imbas dari PHK massal ini, Gojek berinisiasi mengadakan bantuan berupa pelatihan kerja dan juga program bantuan dana tunai untuk mitra aktif yang memenuhi kriteria.
Meski GoLife tutup, masih terdapat beberapa alternatif perusahaan jasa yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen maupun vendor. Seperti Halo Jasa, perusahaan ini bergerak di bidang yang serupa dengan GoLife seperti layanan massage mereka yakni Halo Massage dan juga layanan pembersihan seperti Halo Clean.
Sebagai bentuk penyesuaian bisnis ini, Gojek telah menganalisa sejumlah kebiasaan baru pelanggan yang muncul sejak adanya pandemi. Perusahaan yang berhubungan erat dengan mitra ataupun merchant ini berupaya mengakomodasi permintaan dan membantu mereka untuk menjajakan produk secara offline dan bisa bermigrasi ke online dengan cepat.