Dalam pengelolaan toko online sebagai salah satu sarana pemasaran yang paling diminati belakangan ini, sering kali terjadi kesalahan baik karena ketidaktahuan atau karena ketidakpedulian. Memang hal ini sangat mungkin dan wajar timbul dan terjadi, tetapi dibalik itu semua ada bahaya yang mengintai dibaliknya. Bahaya itu adalah penjualan yang tingkatannya sangat rendah atau tidak menihi target atau untuk pengelolaan toko online yang sudah besar, akan membuat produktifitas penjualnnya turun turun dan semakin turun. Lalu, apasaja kesalahan pengelolaan toko online yang umum terjadi dan harus diperbaiki ? lagnsung saja kita simak ulasan berikut ini.
Sponsor: jasa buat website jakarta
Pelayanan Lamban
Hal ini sangat sering terjadi dalam pengelolaan toko online terutama yang memiliki lebih dari satu admin. Biasanya ketika ada pelanggan atau calon pelanggan yang datang berkunjung ke toko online sering tidak dilayani dan ketika si pelanggan meminta pelayanan seputar pertanyaan atau hal hal yang berkaitan si admin ini melayaninya dengan lamban. Padahal, jika kita mau belajar sedikit tentang psikologi pembeli, mereka selalu ingin dilayani dengan sesegera mungkin dan pelayanan yang bermutu. Berbeda dengan konteks ini yang melakukan pelayanan dengan lamban dan buruk, maka sang pelanggan bisa langsung mencari toko online lainnya. Anda bisa saksikan sendiri toko online yang sudah profesional seperti mataharimall, mereka memiliki layanan live chat dan pelayanan lainnya yang bagus dan cepat.
Telat Konfirmasi
Memang hal ini memiliki hubungan dengan yang di point satu tentang pelayanan tetapi disini lebih spesifik mengarah ke konfirmasi. Konfirmasi ini merujuk pda pembelian atau order yang masuk ke sistem dari si pembeli. Ketika si pembeli melakukan order pembelian yang sering terjadi adalah kelalaian si pengelola atau admin toko onlinenya sehingga tidak mengetahui ada order masuk. Dan akibatnya konfirmasi akan semakin lambat dan tertentu dan jika mengacu ke psikolog pelanggan, maka dampaknya si pelanggan tidak akan datang lagi atau tidak akan berbelanja lagi di toko online kita.
Hanya Mementingkan Produk Saja
Terkadang si pengelola toko online juga hanya mementingkan produk yang dijkual atau jasa yang ditawarkan saja tanpa memperhati8kan aspek lainnya. Contohnya sistem yang berantakan atau mempersulit si calon pelanggan serta penampilan yang kruang profesional dan lain sebagainnya. Ini juga merupakan tindakan pengelolaan yang salah, walaupun memang tujuannya adalah untuk menjual dan memang yang terpenting adalah produk yang dijual.
Hanya Memposting Produk Dan Harga
Pengelola website toko online juga terkadang merasa jenuh atau malas terutama ketika ada banyak produk baru yang ingin dijual atau dipajang di toko online sehingga mereka hanya memposting foto produk dan harganya saja tanpa penjelasan atau rincian deskripsinya. Tentunya ini akan membuat si calon pelanggan atau pembeli merasa kurang mendapatkan informasi untuk melakukan pertimbangan dan bisa mencari toko online lainnya. Contohnya ketika ada toko online penjual smartphone yang selalu berkembang, maka harus melakukan peostingan secara berkala atau update atas produk ayng dijual dan hanya memposting foto produk dan harganya, maka si pelanggan atau calon pembeli akan datang dan melihat dua unsir itu saja, padahal di sisi lainnya dia harus tahu deskripsi atau penjelasan produknya.
Hanya Memposting Konten Jualan
Konten berupa gambar tulisan dan video adalah salah satu unsur yang menjembatani banyaknya orang yang berkunjung ke suatu laman website. Dan sudah pasti ini akan diperlukan oleh website website terutama toko oline, sebab jika tidak ada pengunjung bagaimana cara menghasilkan penjualan. Nah, jika kita perhatikan pengelola webiste toko online kurang memperhatikan konten ini dan hanya memposting kotnen dagangannya saja, padahal ini bisa menmpatkannya di posisi atas dalam persaingan pasar.
Tidak Memperhatikan Kualitas Konten
Konten berupa gambar, tulisan dan video tadi adalah penting seperti yang kita sudah singgung diatas, tetapi ada banyak pengelola toko online yang sudah memposting banyak konten tetapi dia tidak memperhatikan kualitas konten yagn dibuat dan dipostingnya itu, dan sudah pasti ini akan percuma dan membuang banyak waktu, tenaga, pikiran dan space atau storage.
Tidak Menjalankan SEO
SEO tidak akan pernah bisa dipisahkan dari aktivaitas bloggin termasuk pengelolaan toko online ini. dan jika ada pengelola toko online yang tidak menjalankan SEO ini, maka tidak usah heran jika toko onliennya minim pengunjung.
Tidak melakukan periklanan Atau promosi
Bayangkan, toko online besar dan profesional seperti mataharimal, lazada tokopedia, elevania dan lainnya saja masih melakukan periklanan di dunia maya bahkan terkadang di TV, masa pengelola toko online biasa tidak ? bagaimana bisa menang dalam persaingan ???
Terpaku pada Toko Online Saja
Toko online memang penting dan memang itulah yang dikelola tetapi ada satu unsur diluar yang tak kalah penting contohnya seperti fanspage. Nah, inilah yang bisa membuat toko online yang dikolola bisa terkenal bebas dan luas sehingga populer. Jadi jalankan juga yang lainnya jangan terpaku pada toko online saja.