Seperti yang kita tahu, aktivitas periklanan untuk produk sangat dibutuhkan pada proses bisnis. Selain untuk memberitahukan produk kepada khalayak ramai, aktivitas periklanan juga bisa membuat orang tertarik untuk mencari tahu mengenai produk yang ditawarkan atau diiklankan. Nah, saat ini kemajuan iptek sudah sangat pesat, fenomena ini membuat pelaku bisnis mulai menggarap dunia online. Mereka melakukan aktivitas periklanan di dunia maya yang memang lebih efektif dan efisien. Di intenet sendiri, ada dua layanan iklan yang sangat mendominasi proses periklanan di dunia maya yaitu facebook dan google. Baik facebook ataupun google berasal dari perusahaan digital raksasa yang menyediakan layanan iklan bagi setiap pihak yang mau beriklan di internet. Tentunya untuk memilih salah satu dari dua layanan tersebut, kita membutuhkan informasi yang menyangkut kelebihan dan kekurangan dari masing masing penyedia layana iklan tersebut. Na, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari layanan iklan milik google adwords.
Sponsor : jasa email blast
- Kelebihan
Tertarget dengan baik. Iklan yang dibuat akan muncul dalam hasil pencarian search engine ketika ada pencarian dalam search engine google yang kata kuncinya berikaitan dengan kata kunci iklan tersebut. Contohnya iklan dengan kata kunci “jasa pembuatan website” tidak mungkin muncul di hasil pencarian dari pencarian atas kata kunci “jasa catering murah”. Sebaliknya, iklan hanya muncul ketika kata kunci yang ditetapkan cocok dengan kata kunci yang sedang dicari orang. Itulah sebabnya iklan di adwords sangat tertarget.
Banyak Opsi Iklan. Di adwords, kita bisa memilih macam macam jenis iklan yang dirasa cocok, yang tentunya bergantung langsung dengan harga atau biaya yang kita harus keluarkan. Dengan keberadaan opsi opsi ini, kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita miliki.
Biaya lebih murah. Di adwords, ada layanan periklanan yang hanya mengenakan biaya atas iklik yang terjadi dengan sistem seperti pulsa. Contohnya, anda mengisi saldo 200 ribu, maka iklan anda akan terus terusan muncul, hingga uang atau saldo tersebut habis. Jadi, walaupun iklan terus terusan muncul, tetapi tidak ada yang klik, maka saldo tidak akan berkurang. Dan ketika klik terjadi, maka saldo baru berkurang.
Visitor Yang Potensial. Kita tentu tahu, google adalah search engina yang “tidak ada obatnya” atau yang tidak ada tandingannya. Saat ini, google menduduki urutan mesin pencari yang paling banyak penggunanya dan meninggalkan semua pesaingnya. Setiap hari ada milyaran orang yang berhubungan dengannya yang tentunya memiliki maksud dan tujuan tertentu. Ketika ada orang yang membutuhkan jasa contohnya seperti tadi, jasa pembuatan website, pasti iklan anda akan muncul. Jika dia tertarik, maka tidak akan butuh waktu lama untuk mengkliknya dan mempertimbangkan apakah akan mengordernya atau cari yang lain.
- Kekurangan
Proses Pembayaran. Ketika kita beriklan, tentunya membutuhkan uang untuk biayanya. Dan untuk pembayarannya, kita membutuhkan alat pembayaran seperti paypal atau kartu kredit. Dan untuk memperoleh paypal ini agak susah porsesnya, membutuhkan verivikasi dulu. Tentunya, pelaku bisnis yang masih pemula akan kesulitan.
Banyak Pesaing
Di adwords, ada banyak pesaing yang bisa menjadi competitor kita. Dengan keberadaan mereka, kita harus rela berkompetisi dalam bidang periklanan ini dan ini samasekali bukan perkara yang mudah. Kita harus menerapkan strategi tertentu.