Seperti yang sudah kita ketahi, branding adalah salah satu komponen yang bisa sangat penting dalam berbisnis. Tanpa kehadiran iklan, produk atau jasa yang ditawarkan akan sangat sulit untuk dikenal oleh masyarakat luas. Nah, untuk aktivitas branding ini, kita bisa memilih alternative yang cukup efisien dengan memanfaatkan media online. Siring berjalannya waktu, kemajuan iptek juga sangat berkembang pesat, kita bisa memanfaatkan situasi kemajuan ini untuk melakukan branding. Sebelumnya, ada dua lahan branding yang paling favorite dipilih oleh pelaku bisnis di dunia maya, yaitu facebook dan google adwords. Sama sama dari perusahaan besar, baik google dan facebook, menyediakan lahan beriklan yang sifatnya efisien. Tentu, untuk memilihnya kita harus mengetahui apa saja yang menjadi kelebihdan dan kekurangan dari masing masing layanan iklan tersebut. Dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari layanan iklan yang dimiliki oleh facebook.
Sponsor : jasa seo profesional
- Kelebihan
Kelebihan yang pertama dari layanan iklan milik Facebook adalah, kita sebagai advertiser, memiliki akses untuk membuat target pemasaran kita sendiri yang tentunya bisa di sesuaikan dengan kehendak sang pengiklan. Penargetan itu, berupa demografis daerah yang luas dan tidak terpaku hanya pada satu titik saja. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan segmen dan kategorinya contohnya, pengguna perempuan, laki – laki dan lain sebagainya.
Pemasaran yang lebih terarah dan terfokus. Seperti yang kita sebutkan tadi, bahwa facebook memiliki layanan iklan yang bisa ditentukan targeting daerahnya. Dengan adanya hal semacam ini, kita bisa membuat aktivitas branding lebih efektif dan efisien. Misalnya kita memiliki usaha di kita Semarang, kita bisa menargetkan periklanan di wilayah kota itu dan daerah sekitarnya, jadi, iklan tidak akan muncul di daerah luar target tersebut.
Leluasa mmembuat iklan bergambar. Tentunya tulisan yang tanpa gambar akan sangat membosankan dimata pembacanya. Nah, di facebook, kita bisa membuat iklan bergambar yang sifatnya menarik. Kita bebas menentukan tema dan gambar yang penting tidak menyalahi aturan dan sesuai dengan apa yang diiklankan.
Like. Seperti yang sudah kita tahu, jika ada orang yang menekan like, maka itu bisa menjadi pesan berantai kepada pihak lainnya. Contohnya ketika ada orang yang me like, iklan atau tautan itu bisa muncul di beranda milik orang tersebut dan berpotensi dilihat orang yang menjadi teman dari orang yang me like tadi.
- Kekurangan
Konversi rendah. Tidak bisa dipungkiri, iklan yang ada di facebook, memiliki angka konversi yang rendah terhadap kliknya dibandingkan dengan layanan iklan milik adwords.
Gangguan. Gangguan yang dimaksudkan disini adalah masalah yang timbul dari ketidak teraturan iklan. Ada banyak sekali iklan yang muncul dengan kategori yang campur aduk. Contohnya ketika anda melakukan periklanan dengan kategori a, lalu iklan anda akan muncul bersama iklan lain yang tidak dikategorikan. Dan ini sangat sering terjadi.