Sebenarnya, apa sih pemasaran digital itu? Di masa sekarang, sepertinya istilah digital marketing sudah tidak lagi asing didengar oleh telinga Anda. Ya, ranah pemasaran secara digital kini semakin dekat dengan kita. Bahkan siapa saja, saat ini memiliki waktu aktif di dunia maya.
Jika Anda seorang pebisnis, maka Anda pasti menyadari gerak laju bisnis yang terus bergerak selalu beriringan dengan kemajuan teknologi. Kini, pemasaran digital pun menjadi suatu keharusan yang perlu dimiliki oleh para pemilik bisnis.
Tak heran juga, jika peluang kerja para digital marketer pun menjadi semakin meningkat di setiap tahunnya ya. Perlu diketahui, pemasaran di ranah digital tidak sekadar tentang mengunggah informasi produk di website atau akun media sosial saja loh.
Lebih dari itu, pemasaran dengan cara kekinian ini menggunakan metode yang memberikan peluang memasarkan dengan lebih luas. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa melihat bagaimana kompetitor Anda bergerak menjalankan bisnisnya.
Lalu bagaimana cara melakukan pemasaran digital ini? Tentu saja, Anda membutuhkan strategi digital marketing agar tetap unggul dan mendapatkan perhatian dari target pasar yang dituju. Ingin mengetahui lebih lanjut strategi pemasaran apa saja yang bisa Anda lakukan? yuk, simak baik-baik informasi berikut ini!
Apa Itu Digital Marketing?
Mengutip dari laman Neil Patel (2024), pemasaran digital secara sederhana dapat diartikan sebagai satu metode promosi secara daring dengan memanfaatkan saluran digital. Ada dua bentuk pemasaran digital , yakni offline dan online.
a. Pemasaran Digital Offline
Jenis pemasaran offline telah digunakan sejak lama, di mana informasi produk disampaikan dengan memanfaatkan media digital tanpa saluran internet, seperti TV, radio, poster, atau papan reklame. Bentuk pemasaran ini memiliki jangkauan target audiens yang tidak spesifik.
Jika Anda memasang sebuah iklan dengan salah satu medium di atas tersebut, maka belum tentu seseorang yang melihat iklan Anda adalah audiens yang Anda tuju. Meski begitu, pemasaran offline ini masih ampuh, hanya saja untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam membuat iklan jauh lebih besar dibandingkan dengan pemasaran online.
b. Pemasaran Digital Online
Sesuai dengan namanya, pemasaran digital online memanfaatkan penggunaan jaringan internet untuk mendekatkan diri dengan target audiens. Ada berbagai macam cara pemasaran secara online yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
- Search Engine Optimization (SEO)
Suatu teknik pengoptimalan situs web melalui beberapa cara. Optimalisasi web bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat tertinggi dari mesin pencari. Strategi ini bisa memberikan Anda keuntungan secara organik untuk merambat di mesin pencarian, seperti Google.
- Pay Per Click (PPC)
Strategi dalam pemasaran online ini adalah satu model Iklan dalam digital advertising yang banyak dipakai. Jika Anda memasang iklan ini, maka Anda perlu membayar biaya untuk setiap iklan yang muncul di halaman mesin pencari atau media sosial.
- Pemasaran Media Sosial
Bentuk marketing yang satu ini menjadi salah satu cara pemasaran yang semakin popular dan banyak dipilih oleh para pebisnis. Dengan mengaktifkan platform media sosial, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media untuk meningkatkan kesadaran brand hingga menciptakan keterlibatan brand dengan audiens secara langsung. Menarik, bukan?
Itu lah pengertian singkat mengenai pemasaran digital. Bagaimana, apakah Anda sudah memahami pengertian singkat tentang pemasaran secara digital baik secara online atau pun offline tersebut?
Mengapa Belajar Digital Marketing Itu Penting?
Mengutip dari laman Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang telah merilis sebuah data di awal tahun ini, sebuah nominal angka 221.563.479, sebagai jumlah pengguna internet di Indonesia. Angka tersebut diambil dari jumlah populasi Indonesia sebanyak 278.696.200 jiwa, pada tahun 2023. Cukup, besar ya.
Dari data yang menunjukkan angka dengan persentase tinggi tersebut, tentu menjadi lahan subur berkembangnya pemasaran secara digital online. Tidak bisa dipungkiri, penggunaan internet dan keterikatan kita dengan smartphone setiap harinya pun juga memberi dampak pada berkembangnya pemasaran di ranah digital.
Sedikit fakta tersebut, tentu bisa menjadi alasan untuk mengetahui bahwa pemasaran digital di era ini adalah perihal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Berikut alasan mengapa belajar digital marketing tidak akan membuat Anda menyesal:
a. Peluang Target Pasar Semakin Meluas
Dengan pemasaran online, suatu bisnis dapat menjangkau audiens dengan lebih luas dan secara spesifik. Manfaat pemasaran tersebut sangat memungkinkan untuk para pebisnis memperluas target pasar, karena dunia maya tidak memiliki batasan geografis.
Selain itu, dengan tools dan data yang ada, Anda juga bisa membuat kelompok audiens yang lebih spesifik. Pengelompokan ini akan berguna untuk merangkai pesan yang lebih sesuai dengan pasar.
b. Efisiensi Biaya Pemasaran
Bagi Anda yang memiliki bisnis, tentu akan selalu mempertimbangkan sesuatu hal dilihat dari segi untung dan rugi, bukan? Nah, dengan belajar digital marketing Anda bisa mengelola anggaran pemasaran lebih efektif.
Bahkan, pemasaran online pun bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Anda hanya perlu membuat dan mengaktifkan media sosial atau website. Lalu, Anda juga bisa melakukan kampanye marketing melalui email.
Pemasaran online memungkinkan Anda untuk mengukur segala aktivitas pemasaran dengan lebih detil, dibandingkan dengan pemasaran tradisional offline. Hal tersebut dapat Anda dapatkan dengan belajar marketing digital.
c. Peluang Karir yang Besar
Pemasaran di dunia digital yang semakin berkembang pesat, telah menciptakan permintaan yang tinggi untuk tenaga ahli di bidang ini. Saat ini, hampir setiap bisnis di skala kecil hingga besar telah memilih menggunakan strategi digital untuk mencapai target pasar mereka.
Selain itu, dalam ranah pemasaran digital ini ada banyak peran yang bisa dipilih, seperti SEO Specialist, Social Media Manager, Content Specialist, dll. Besarnya peluang di bidang industri ini membuat bayaran yang ditawarkan pun lebih kompetitif.
Tawaran lain yang diberikan untuk posisi profesional bidang ini adalah fleksibilitas kerja yang memungkinkan Anda untuk bekerja secara remote. Bahkan, bidang marketing ini pun menawarkan lingkungan kerja yang dinamis. Bagaimana menurut Anda, cukup menarik bukan bidang marketing online satu ini.
Ide Kreatif untuk Digital Marketing
Sudah tidak sabar mempraktikkan pemasaran online melalui platform media yang Anda miliki? yuk, contek ide kreatif di bawah ini!
a. Buat Konten Interaktif yang Menarik
Ingin audiens Anda lebih dari sekadar melihat konten yang Anda bagikan? yuk, mulai libatkan mereka secara aktif! Caranya bagaimana?
Anda bisa memulai dengan mencari ide merancang konten yang bersifat interaktif, seperti kuis atau polling. Tentu saja konten harus tetap relevan dengan produk yang akan dipasarkan ya.
Konten interaktif ini sangat bermanfaat untuk membangun kedekatan brand Anda dengan audiens melalui keterlibatan mereka secara langsung. Contoh lain, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi lainnya, seperti Virtual Reality (VR).
Bayangkan saja, pelanggan Anda dapat mencoba produk secara virtual sebelum melakukan pembelian atau menjelajahi brand produk Anda dalam dimensi berbeda. Terdengar keren dan menarik, bukan?
b. Kolaborasi dengan Influencer
Strategi satu ini bisa menambah jangkauan audiens lebih luas lagi. Mengapa influencer? Karena mereka telah memiliki kepercayaan publik yang telah terbangun, sehingga keberadaan kerjasama bisa memberi keuntungan dalam sisi kredibilitas.
Anda bisa memilih micro atau pun macro influencer. Mereka dengan jumlah pengikut tertentu pun akan memberikan hasil yang berbeda. Jangan lupa perhatikan niche yang dimiliki oleh influencer tersebut, sesuai atau tidak untuk produk jualan Anda.
Agar kolaborasi lebih mudah diterima oleh target audiens Anda, maka sebaiknya pilih lah influencer dengan kepribadian dan nilai sejalan dengan brand Anda. Anda bisa menggunakan strategi kolaborasi dengan cara, sponsor post, giveaway, atau affiliate.
c. Strategi User Generated
Apakah Anda sepakat tentang, dalam bisnis ada suara pelanggan yang berharga? Jika iya, maka Anda perlu menjadikan suara pelanggan tersebut sebagai strategi pemasaran. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah konten yang dihasilkan pengguna atau user generated content.
Coba libatkan pelanggan Anda untuk menciptakan konten yang dikaitkan dengan produk Anda. Strategi ini mampu menaikkan engagement dan loyalitas target. Mengapa bisa begitu? Karena sifat dari strategi ini dikemas dalam bentuk ulasan pengguna produk Anda. Sehingga, pasar pun akan lebih tertarik untuk mendengar pengalaman audiens pelanggan.
Anda bisa mengemas strategi ini dengan mengadakan kontes foto atau video. Gunakan tema yang spesifik dalam konten yang akan dibuat. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan hadiah sebagai imbalan agar memotivasi partisipan.
d. Personalisasi Pengalaman Pelanggan
Strategi digital marketing selanjutnya ini seringkali dikatakan sebagai cara untuk menggaet hati pelanggan. Mengapa bisa begitu? Pada strategi ini, Anda akan membangun hubungan yang lebih dalam dengan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Melalui database yang Anda miliki, Anda bisa memahami preferensi dan perilaku setiap pelanggan, sehingga bisnis yang Anda jalani pun bisa diarahkan sesuai dengan relevansi audiens. Apa yang bisa dilakukan untuk mempersonalisasi pengalaman pelanggan?
Salah satu caranya, Anda bisa memanfaatkan email marketing. Sesuaikan dengan segmen audiens Anda dan buat konten yang relevan dengan timing yang tepat. Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi sesuai dengan pembelian pelanggan.
e. Manfaatkan Fitur Baru Platform Media Sosial
Sebagai seseorang yang sedang menjalankan strategi pemasaran digital, tentu saja Anda perlu untuk terus mengembangkan diri dengan berinovasi. Setiap waktu, platform media sosial selalu melakukan update fitur.
Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur baru di setiap platform tersebut untuk menjangkau audiens dengan lebih kreatif. Penggunaan fitur baru bisa menjadi penting karena akan meningkatkan visibilitas konten Anda.
Marketing Digital : Ruang Belajar Up-to-date
Setelah menyimak beberapa ide di atas, maka jangan lupa bahwa setiap platform memiliki karakter fitur yang berbeda-beda, misalnya Instagram dengan reelsnya atau Tiktok dengan challengesnya.
Untuk lebih mengenal sifat dari platform-platform yang umum digunakan dalam pemasaran digital, maka cara terbaiknya adalah dengan mencoba menggunakannya. Namun, Anda juga perlu tips-tips terbaru seputar pemasaran online. Di mana Anda bisa menemukannya?
Anda bisa mencari tahunya melalui laman Marketingdigital.id. Sebuah situs web ini bisa menjadi ruang untuk belajar marketing secara online.
Ada banyak informasi seputar platform media sosial, informasi produk pemasaran online, hingga tips-tips yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tentu saja informasi-informasi yang ada di laman tersebut akan memberikan Anda pengetahuan baru di dunia marketing online.
Selain bisa menjadi sumber informasi tentang pemasaran online, Marketing Digital juga menawarkan ruang konsultasi lebih lanjut dibidang pemasaran online. Kesempatan ini sangat bagus bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan pemasaran dengan tepat. Tunggu apalagi, segera kuasai bidang digital marketing dan jadi lah marketer andal sekarang juga!
Referensi:
– APJII (2024), diakses 20 September 2024, APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.